PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN IKLIM ORGANISASI TERHADAP ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR (OCB) KARYAWAN BAGIAN TEKNIK PT. TERMINIX INDONESIA PASURUAN

  • AHMAD MUKOFFI
Keywords: Karakteristik Individu, Iklim Organisasi, Organizational Citizenship Behavior (OCB)

Abstract

ABSTRAKSI: Karyawan berkarakteristik individu yang baik dan ditunjang dengan iklim organisasi yang kondusif akan berupaya semaksimal mungkin memberikan performa terbaiknya kepada perusahaan. Bahkan, karyawan tersebut memiliki kesediaan untuk melakukan hal lebih di luar tanggung jawab formalnya. Kesediaan inilah yang kemudian dikenal sebagai Organizational Citizenship Behavior (OCB). Bukti menunjukkan bahwa perusahaan yang memiliki karyawan dan melakukan Organizational Citizenship Behavior (OCB) memiliki kinerja yang lebih baik daripada yang tidak.
Penelitian ini menggunakan data primer berupa kuesioner. Sampel penelitian ini berasal dari jumlah populasi karyawan PT. Terminix Indonesia Pasuruan dengan menggunakan metode total sampling. Untuk memenuhi tujuan penelitian, data primer diolah melalui uji kualitas data dan uji asumsi klasik. Sedangkan hipotesis diuji dengan teknik analisis regresi linear berganda dengan menggunakan program SPSS versi 18 melalui uji-t untuk hipotesis parsial, dan uji-F untuk hipotesis simultan dengan taraf kepercayaan (signifikansi) 5%.
Berdasarkan hasil uji-t dapat disimpulkan bahwa: (1) karakteristik individu berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan. (2) Iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara parsial terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan. (3) Karakteristik individu memiliki pengaruh paling dominan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan. Sedangkan berdasarkan hasil uji-F dapat disimpulkan bahwa karakteristik individu dan iklim organisasi berpengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan.
Perhitungan data dengan analisis regresi linear berganda dalam penelitian ini menunjukkan nilai koefisien korelasi berganda (R) sebesar 0,808; maka pengaruh karakteristik individu dan iklim organisasi terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan adalah sangat kuat. Selain itu, diperoleh nilai koefesien determinasi berganda (R2) sebesar 0,652. Hal ini menjelaskan bahwa karakteristik individu dan iklim organisasi berpengaruh sebesar 65,2% terhadap Organizational Citizenship Behavior (OCB) karyawan. Sedangkan sisanya, yakni 34,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Published
2018-10-18